Friday, December 29, 2017

Jurnal Demokrasi

DEMOKRASI:
ANTARA TEORI DAN PRAKTIK
Oleh:
ACHMAD TOHARI   (E91217027)
GHANDI   (E01217009)
Dosen pembimbing:
MASDURI, S.Fil.I, M.Ag.

AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)
SUNAN AMPEL SURABAYA
Jl. Ahmad Yani No.  117, .Surabaya 60237, Indonesia
                                Abstrak:
Demokrasi di Indonesia mempunyai dua landasan atau dasar yakni demokrasi antara teori dan politik. Didalam sebuah landasan tersebut ada beberapa hal yang harus di patuhi warga Negara dan juga sebagai pegangan pemerintahan dalam menjalankan sebuah pemerintahan yang bijak.
Kata Kunci: Dasar Demokrasi , Pilar Demokrasi
A.Pendahuluan
         Indonesia  adalah  Negara  merdeka. Kemerdekaan  Indonesia  tidak  hanya  dalam  sisi  legal  formal  berdasarkan  pengakuan  bangsa-bangsa. Kemerdekaan  Indonesia  adalah  Kemerdekaan  substantife  dalam  arti  sesungguhnya, yakni  merdeka  secara  formal, psikologis, cultural, dan  spiritual. Indonesia  adalah  Negara  seutuhnya.
          Secara  garis  besar  demokrasi  adalah  sebuah  sistem  sosial-politik modern  yang  paling baik  dari  sekian  banyak  sistem  maupun ideologi  yang  ada  dewasa ini. Menurut  pakar  hukum Moh. Mahfud MD, ada  dua  alasan  dipilihnya  demokrasi  dalam  sistem  bermasyarakat dan bernegara.pertama  hampir  semua  Negara  di  dunia  menjadikan  demokrasi sebagai asas yang   fundamental yang kedua demokrasi sebagai  asas kenegaraan  yang secara  esensial  telah memberikan  arah  bagi  peranan masyarakat yang menyelenggarakan Negara sebagai  organisasi  tertingginya. Oleh  sebab  itu, diperlukan sebuah pemikiran tentang pengetahuan  dan pemahaman yang benar  pada masyarakat tentang demokrasi secara utuh.
         Demokrasi  yang  dianut  Indonesia  adalah  demokrasi  Pancasila. Demokrasi  Pancasila,  dengan  demikian, mematahkan  segala  bentuk  partikularitas  demokrasi  yang  berkembang  sejak  awal  kelahirannya  sebagai  sebuah  konsep  sekaligus  sebagai  model  yang  dianut  oleh  Negara  dunia. Demokrasi  Pancasila  adalah  demokrasi  yang  khas, yang  memiliki  akar  sejarah  dan  sumber  konseptual  sendiri  berdasarkan  nilai  sendiri. Pertikaian  antar  elit  dan  antar  partai  yang  semakin  meruncing  di  awal  kemerdekaan  jelas  menunjukkan  bahwa  Indonesia  saat  itu  memang  telah  merdeka, namun  belum  siap  dalam  bernegara.  Pergantian  kontingensi  cabinet  yang  relative  cepat  dengan  berbagai  macam  komposisi  elit  adalah  indikasi  kegelisahan  luar  biasa  bagi  para  perumus  dasar  Negara  Indonesia  untuk  menentukan  sistem  mana  yang  lebih  pas. Ikhtiar  demokrasi  pertama  terjadi  sejak  1950-1957. Pada  saat  itu  Indonesia  masih  berada  dalam  situasi  yang  membingungkan. Kebingungan  yang  lebih  disebabkan  kenyataan  bahwa  Indonesia  saat  itu  memang  seudah  merdeka, tetapi  sekaligus  belum  benar-benar  siapa  melangsungkan  pemerintahan  yang  memadai. Pemerintahan  dikendalikan  oleh  kelompok  elit  berpendidikan. Kebanyakan  diantaranya  adalah  produk  pendidikan  politik etis  Belanda. Di  sisi  lain, mayoritas  rakyat  masih  buta  huruf.  Miskin  dan  kebudayaan paternalnya  masih  sangat  kuat.  Demokrasi  hamper  tidak  punya  konteksnya.  Ia  butuh  tanah  air  untuk  tumbuhh dan  berani.  Di Indonesia  saat itu, kedua  tanah  air  tersebut  masih  belum  terpakai. Ketidak  berhasilan  Demokrasi  saat  itu  pada  dasarnya  merupakan  ketidak  berhasilan  demokrasi  perwakilan.
         Salah  satu  pilar  demokrasi  adalah  prinsip  trias  politica  yang  membagi  ketiga  kekuasaan  politik  Negara  (eksekutif,  yudikatif  dan  legislatif)  untuk diwujudkan  dalam  tiga  jenis  lembaga  Negara  yang  saling  lepas  (independen)  ada  didalam  peringkat  yang  sejajar  satu  sama  lain. Sebuah kesataraan  dan  independensi  ketiga  jenis  lembaga  Negara  ini  diperlukan  agar  ketiga  lembaga  Negara  ini  bisa  saling  mengawasi  dan  saling  mengontrol  berdasarkan  prinsip  checks  and  balances.  Dari tiga pilar lembaga-lembaga  Negara  tersebut  adalah  lembaga-lembaga  pemerintah  yang  memiliki  wewenang  untuk  mewujudkan  dan  melaksanakan  kewenangan  eksekutif,  lembaga-lembaga  pengadilan  yang  berwenang  menyelenggarakan  kekuasaan  judikatif  dan  lembaga-lembaga  perwakilan  rakyat  (DPR,  untuk  Indonesia)  yang  memiliki  kewenangan  menjalankan  kekuasaan  legislatif.  Dalam menjalankan  sebuah  sistem,  keputusan  legislatif  dibuat  oleh  masyarakat  atau  oleh  wakil  yang  wajib  bekerja  dan  bertindak  sesuai  aspirasi  masyarakat  yang  diwakilinya  (konstituen)  dan  yang  pemilihannya  melalui  proses  pemilihan  umum  legislatif,  selain  sesuai  hukum  dan  peraturan.
         Menurut   Joseph  A.  Schmitter
         Demokrasi  adalah  bentuk  perencanaan  institusional  untuk  mencapai  keputusan  politik  dimana  setiap  individu  memperoleh  kekuasaan  untuk  memutuskan  cara  perjuangan  kompetitif  atas  suara  rakyat.
          Menurut  Sidney  Hook
 Demokrasi  adalah  bentuk  kepemerintahan  dimana  keputusan-keputusan  itu  penting  secara  langsung  atau  yang  tidak  langsung  dilandaskan  pada  kesempatan  mayoritas  yang  diberikan  secara  bebas  bagi  warga  Negara  yang  sudah  dewasa.
     
  Menurut  Abraham  Lincoln
          Demokrasi  yaitu suatu  pemerintahan  dari,  oleh,  dan  untuk  rakyat  (government  of  the  people,  by  the  people, and for  the  people).
          Sedikit  berbeda  dengan  pandangan  ahli  di  atas,  pakar  politik  Indonesia  Affan Gaffar  memaknai  demokrasi  dalam  dua  bentuk  yakni  pemaknaan  secara  normatif  (demokrasi normatif)  dan  emperik  (demokrasi  emperik). Demokrasi  empirik  yaitu  demokrasi  yang  menjerumus  kepada  demokrasi  dunia  politik  praktis. Sedangkan  demokrasi  normatif adalah  demokrasi  yang  dilakukan  sebuah negara secara  ideal. Sebagai  landasan  hidup  bermasyarakat  dan  bernegara, demokrasi  meletakkan   rakyat  sebagai  komponen  penting , rakyat  masih  menjadi  suatu  tujuan  dalam  proses  dan  praktik  dalam  berdemokrasi. Peran  rakyat  dalam  menjalankan  suatu  hal yang  sosial  dan  politik  menjadikan  hal  itu sebuah  hakekat demokrasi  suatu  bangsa.
Tiga  faktor  yang  menjadi  tolak  ukur  umum  suatu  pemerintahan  di  tangan  rakyat  yang  demokrasi  yakni  : pemerintahan  dari  rakyat  (government  of  the  people),  pemerintahan  oleh  rakyat  (government by  the  people),  pemerintahan  untuk  rakyat  (government  for  the  people).  Menjadikan  suatu  pemerintahan  yang  berhasil  dalam  berdemokrasi  yakni  dengan  seberapa  jauh  demokrasi  di  tunjukkan  sebagai  acuan  dan  menjadi  prinsip  hidup  bagi  warga  negara, antar  warga  Negara  dengan  Negara  tidak  ada  yang  merugikan,dan  bisa  dipatuhi  bagi  kedua  belah  pihak.
             Partai politik merupakan struktur kelembagaan politik yang anggota-anggotanya mempunyai tujuan yang sama yang memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dalam mewujudkan kebijakan-kebijakannya. Sedangkan kelompok gerakan di perankan oleh organisasi masyarakat yakni sebuah sekumpulan orang – orang yang berhimpun dalam suatu wadah organisasi yang berorientasi pada pemberdayaan warganya. Kelompok penekan atau kepentingan adalah golongan orang dalam sebuah wadah organisasi yang di dasarkan pada kriteria profesionalitas.
             Hal yang indikator tegaknya demokrasi adalah keberadaan kalangan cendekiawan  dan kebebasan Pers. Dari kalangan civitas akademika kampus, dan kalangan pers  termasuk kelompok penekan yang signifikan dalam memberikan  suatu usaha dalam sistem demokratis yang  penyelenggaraan nya yakni  Negara dan pemerintahan.

            B. SISTEM DEMOKRASI
             Dalam demokrasi  ada  sebuah  prinsip   yang  di  lakukan  suatu  pemerintah  kepada rakyat  nya, adapun  prinsip-prinsip  itu  tidak  mengganggu hak  warga  negara ,dengan  demikian  suatu  negara  akan  menjadi  sebuah  bangsa  yang  demokratis  tanpa  harus memaksa rakyat .  Menurut Robert A. Dahl ada tujuh prinsip demokrasi yang harus ada dalam sistem pemerintahan, yaitu :
1.     Adanya kontrol atau kendali atas keputusan pemerintahan. Pemerintah dalam hal ini Presiden, Kabinet dan Pemerintah daerah bertugas melaksanakan pemerintahan berdasar perintah yang diperoleh dari pemilu. Pemerintah dalam mengambil keputusan masih dikontrol oleh lembaga legistatif yaitu DPR dan DPRD.
2.     Adanya pemilihan yang teliti dan jujur. Demokrasi dapat berjalan dengan baik jika adanya partisipasi aktif dari warga negara dan partisipasi tersebut dilakukan dengan teliti dan jujur.
3.     Hak memilih dan dipilih yakni Memilih hak untuk memberikan pengawasan rakyat terhadap pemerintah, dan mengambil keputusan pilihan yang terbaik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai rakyat.Dipilih Hak memberikan kesempatan kepada setiap warga negara yang mempunyai kemampuan dan keinginan serta persyaratannya bisa terpenuhi untuk dipilih dalam menjalankan amanat dari warga pemilihnya.
4.     Adanya suatu kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman. Berdemokrasi memerlukan suatu kebebasan dalam menyampaikan pendapat, berserikat dengan rasa aman.
5.     Adanya kebebasan mengakses informasi. Demokrasi membutuhkan informasi yang akurat, untuk itu setiap warga negara harus mendapatkan akses informasi yang memadai.
6.     Adanya kebebasan berserikat yang terbuka. Kebebasan berserikat ini memberikan dorongan bagi warga negara yang merasa lemah , dan untuk memperkuatnya persudaraan itu membutuhkan suatu teman atau kelompok.

     Di Indonesia pernah ada beberapa sistem demokrasi yang di jalankan antara lain :
     Demokrasi Parlementer (Liberal)
Demokrasi parlementer di pemerintahan Indonesia kita telah dilakukan  pada masa berlakunya UUD 1945 periode pertama  (1945-1949). Dengan timbulnya kehidupan yang demokratis, melalui hukum dan peraturan yang dibuat berdasarkan kehendak rakyat, ketentraman dan ketertiban akan lebih mudah diwujudkan. Tata cara pelaksanaan Demokrasi Pancasila dilandaskan atas mekanisme konstitusional karena penyelenggaraan pemerintah negara Republik Indonesia berdasarkan konstitusi yang ada.
Demokrasi Terpimpin
Demokrasi terpimpin lahir dari keinsyafan, kesadaran, dan keyakinan terhadap keburukan yang diakibatkan oleh praktik Demokrasi Parlementer (liberal) yang melahirkan terpecahnya masyarakat, baik dalam kehidupan politik maupun dalam tatanan kehidupan ekonomi. Oleh sebab itu  Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959. Dekri yang dikeluarkan Presiden dipandang sebagai usaha untuk mencari jalan keluar dari kemacetan politik melalui pembentukan kepemimpinan yang kuat.
Demokrasi Pancasila pada Era Orde Baru
Demokrasi Pancasila adalah adanya berbagai penyelewengan dan permasalahan yang dialami bangsa Indonesia pada masa adanya Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin. Secara konseptual, Demokrasi Pancasila masih dianggap dan dirasakan paling cocok diterapkan di Indonesia. Demokrasi Pancasila bersumberkan pada pola pikirdan tata nilai
Demokrasi Langsung pada Era Orde Reformasi
Dengan sistem yang demokratis, melalui hukum dan peraturan yang dibuat berdasarkan kehendak rakyat, ketentraman dan ketertiban akan lebih mudah diwujudkan. Tata cara pelaksanaan Demokrasi Pancasila didasarkan  atas mekanisme konstitusional disebabkan   penyelenggaraan pemerintah negara Republik Indonesia berlandaskan  konstitusi. Dalam kamus Istilah Hukum Pockema Andreae diartikan, “democratie” demokrasi, pemerintahan rakyat; suatu pemerintahan yang menyampaikan dan memberikan  hak-hak ikut berbicara kepada yang diperintah oleh yang memerintah, pengawasan atas kebijaksanaan pemerintah dilaksanakan oleh wakil rakyat yang dipilih.
C. Pemilu dalam kerangka demokrasi
 1. Partai politik memiliki kesinambungan yang sangat strategis terhadap susatu proses demokratis yakni selain sebagai struktur politik yang anggotanya bertujuan mendapatkan kekuasaan dan kedudukan politik,dan juga sebagai sebuah wadah bagi penampung aspirasi warga Negara. Implementasi  nilai-nilai  demokrasi yaitu suatu peran mansyarakat dalam melakukan control terhadap penyelenggaraan Negara melalui politik.
2.Pemilihan umum yaitu pemilihan rakyat memilih wakilnya untuk duduk dlam parlemen dan dalam struktur pemerintahan. Ada 2 sistem pemilihan umum: 1.pemilihan umum sistem distrik (single member constituency, single  member distrik mayorty syste, distrik system.) dalam pemilu sistem daerahpemilihan dipilih atas distrik-distrik tertentu,setiap parpol mengajukkan satu calon. 2 Dari sistem Pemilihan umum propodional (multi member constitiency,  proportional representation system, proportional system). Sistem seperti ini adalah sistem yang dianut di Indonesia yakni pemilu yang secara tidak langsung  memilih calon yang ditentukan berdasar nomer urut calon masing-masing parpol atau organisasi politik.
D.KESIMPULAN
 Dalam pokok pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa demokrasi  merupakan  suatu  bentuk  pemerintahan  yang  berasal  dari  rakyat  oleh rakyat  dan  untuk  rakyat  dimana  dalam  pelaksanaan  pemerintahan  yang  berhubungan  dengan  kepentingan  umum, masyarakay  dilibatkan  dalam kebijakan  pengmbilan  keputusan pemerintahan.  Ciri  utama  pemerintahan  demokrasi  yakni  adanya  partisipasi  atau  keterlibatan  langsung  masyarakat  dalam  pemerintahan,  Jadi titik sentral  dari  pemerintahan  demokrasi  saat  itu  adalah  partisipasi  masyarakat  dalam  bidang  pemerintahan  sebagai  dampak  dari  kedaulatan  rakyat.
DAFTAR  RUJUKAN
(1)Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani,(Jakarta:ICC UIN Syarifhidayatullah, 2006), hal 130  
(2)Ruslan Abdulgani, Beberapa Catatan tentang Pengamalan Pancasila dengan Penekanan  Kepada Tinjauan Sila ke-4 yaitu Demokrasi Pancasila,  dalam Demokrasi Indonesia Tinjauan Politik, Sejarah, Ekonomi-Koperasi dan Kebudayaan, Yayasan Widya Patria, Yogyakarta, 1995, hlm,1                                                                
(3)Alwi , Hassan dkk, Tatanan Budaya Masyarakat Madani Di Indonesia, Balai Pustaka : Jakarta, 2002
(4) http://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi

No comments:

Post a Comment